Teknik Geologi

Sarjana Teknik Geologi

Laman : http://geologi.fitb.itb.ac.id/

Secara umum, geologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari bumi. Ilmu geologi mempelajari berbagai jenis batuan dan hubungan satu jenis batuan dengan jenis lainnya, kondisi bagian dalam dan muka bumi beserta proses-proses atau mekanisme pembentukannya, untuk kemudian ditafsirkan sejarah geologinya dalam ruang dan waktu tertentu.

Dalam perkembangannya, ilmu geologi telah banyak berperan sebagai wahana pengkajian serta pemanfaatan berbagai sumberdaya, seperti mineral, energi, dan air. Disamping itu, penerapan ilmu geologi dalam kerekayasaan dan lingkungan hidup serta mitigasi bencana alam saat ini juga telah berkembang pesat.

Program Studi (Prodi) Teknik Geologi FITB – ITB, sebagai lembaga pendidikan tinggi geologi tertua di Indonesia, sudah selayaknya dapat menjadi tumpuan dalam perencanaan dan pembangunan, sumber informasi maupun pemecahan masalah dalam ilmu geologi dan terapannya bagi instansi pemerintah maupun industri. Oleh karenanya, Prodi Teknik Geologi harus mampu menghasilkan lulusan yang berkeahlian serta mampu untuk tumbuh dan berkembang dalam berbagai disiplin yang berkaitan serta mampu bekerjasama dengan disiplin ilmu lainnya. Dengan demikian Prodi Sarjana Teknik Geologi dalam kegiatan pendidikannya bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai bekal dasar ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang kuat agar mampu mengamati, mengenali, dan melakukan pendekatan pemecahan masalah dalam bidang ilmunya secara ilmiah dan penuh prakarsa, luwes untuk menyesuaikan diri terhadap perkembangan teknologi, dan juga mampu mengembangkan ilmunya pada tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

Kurikulum Prodi Sarjana Teknik Geologi terdiri dari 36 SKS matakuliah Tahap Persiapan Bersama (TPB), 78-80 SKS matakuliah wajib, 10 SKS matakuliah wajib ITB, minimum 18-20 SKS matakuliah pilihan. Seorang mahasiswa dinyatakan lulus jika sudah menempuh sebanyak 144 SKS. Tugas akhir pada Prodi Sarjana Teknik Geologi berupa studi geologi suatu daerah tertentu yang dapat dilakukan dalam bentuk pemetaan maupun tanpa pemetaan, dengan atau tanpa pendalaman suatu topik tertentu, yang hasilnya dituliskan sebagai suatu skripsi.

Fasilitas

Fasilitas penunjang pendidikan geologi pada Prodi Teknik Geologi meliputi laboratorium dan studio, antara lain yaitu Laboratorium Geodinamik (Lab. Geomorfologi, Lab. Geologi Struktur, Studio Penginderaan Jauh, Lab. Pemodelan Sandbox), Laboratorium Geologi Rekayasa (Lab. Geologi Teknik, Studio Geologi Lingkungan, Lab. Hidrogeologi), Laboratorium Petrologi dan Volkanologi (Lab. Mineral Optik dan Petrografi, Lab. Endapan Mineral, Lab. Volkanologi dan Geotermal, Lab. Geokimia), Laboratorium Sedimentografi (Lab. High Resolution Stratigraphy (HIRES), Studio Bawah Permukaan, Studio Sumber Daya Energi Migas), Laboratorium Paleontologi (Lab. Paleontologi, Lab. Mikropaleontologi), dan Laboratorium Geologi Komputasi.

Disamping itu, Prodi Teknik Geologi juga didukung dengan Perpustakaan Klompe, dengan koleksi sejumlah literatur dan jurnal di bidang geologi, serta fasilitas LAN (Local Area Network) 20 PC dan 10 Workstation.

 

IndonesiaEnglish