Magister Teknik Geologi

 

Laman : http://geologi.fitb.itb.ac.id/

Program Magister (S-2) Teknik Geologi disusun untuk mereka yang ingin memperdalam salah satu cabang ilmu geologi. Perkembangan terakhir dalam ilmu geologi lebih banyak ke arah penerapan teknologi modern serta pendekatan dengan mempergunakan ilmu pengetahuan alam lainnya seperti fisika, kimia, biologi, dan matematika. Karena itu, kurikulum program magister teknik geologi dirancang sedemikian rupa sehingga sangat fleksibel dan memberi kebebasan bagi para peserta untuk menyusun program kurikulumnya sendiri. Namun demikian terdapat pula beberapa kuliah wajib sesuai dengan peraturan yang berlaku (sekitar 70% mata kuliah wajib). Kurikulum ini juga dapat memanfaatkan hadirnya dosen tamu dari luar dan dalam negeri yang merupakan pakar terkemuka dalam bidangnya.

Lama pendidikan adalah 4 semester dengan beban studi 36 SKS. Terdapat kemungkinan seorang mahasiswa menyelesaikan programnya dalam 3 semester. Mata kuliah wajib, termasuk tesis, terdiri 24 SKS. Mata kuliah pilihan terdiri 12 SKS. Tahun akademik dimulai setiap bulan Agustus/September.

Tujuan program ini adalah pengembangan tingkat kemampuan peserta untuk melakukan penelitian dalam satu atau lebih bidang yang tercakup di dalam ilmu geologi dan tidak semata-mata peningkatan profesi. Dengan demikian tujuan program ini lebih merupakan suatu research degree dari pada suatu profesional degree.

Program Magister Teknik Geologi terbagi atas non jalur pilihan (non opsi) dan dua jalur pilihan (opsi) :

Non Jalur Pilihan(Non Opsi) dengan bidang khusus :

  • Stratigrafi, Mikro dan Makro Paleontologi, Petrologi dan Mineralisasi, Hidrogeologi, Sedimentologi, Geologi Struktur/Tektonik Geologi Teknik/Tata Lingkungan Geokimia (Migas dan Mineral)
  • Jalur Pilihan/Opsi Geologi Migas
  • Jalur Pilihan/Opsi Geologi Rekayasa
Peserta 

Calon peserta adalah sarjana (S-1) dalam dan luar negeri di bidang geologi, geofisika, atau ilmu lain yang berkaitan dengan penambahan kuliah dari program sarjana, antara lain kuliah lapangan dalam metoda geologi lapangan dan matakuliah dasar yang lain.

Fasilitas Laboratorium dan Studio

Geologi Struktur dan Sandbox Modelling, Penginderaan Jauh dan GIS, Geologi Teknik, Geologi Lingkungan, Mikropaleontologi (Foraminifera, Polen, dan Nanno), Hidrogeologi, Geokomputasi, Sedimentografi, Petrologi, Paleontologi, Geokimia, Volkanologi dan Geothermal, Sumberdaya Energi Migas, High Resolution Stratigraphy (HIRES), Geologi Bawah Permukaan.
Disamping itu Program Studi Teknik Geologi juga didukung dengan Perpustakaan Klompe, dengan koleksi sejumlah literatur dan jurnal di bidang geologi, serta fasilitas LAN (Lokal Area Network) 15 PC dan 10 Workstation.

IndonesiaEnglish