Enter your keyword

KK. Paleontologi dan Geologi Kuarter

Akar keilmuan/platform Keahlian

Kelompok Keahlian/Keilmuan (KK) Paleontologi dan Geologi Kuarter (PGK) merupakan kelompok keahlian yang mencakup bidang ilmu paleontologi, yaitu ilmu yang mempelajari sisa-sisa kehidupan purba dan segala sesuatu yang berkaitan dengannya), baik paleontologi makro (makrofosil) maupun paleontologi mikro (mikrofosil). Fosil-fosil yang dipelajari meliputi: fosil hewan bertulang belakang (vertebrata), fosil manusia, fosil invertebrata, fosil jejak, fosil sisa-sisa tumbuhan, serta fosil-fosil berukuran mikro, seperti fosil foraminifera, nannoplankton, polen, spora, radiolaria, ostracoda dan dinoflagellata dll.

Kegiatan penelitian yang dilakukan bertitik berat pada lapisan batuan berumur Kuarter (sejak 2,6 juta tahun yang lalu), karena zaman ini merekam tahapan penting dalam evolusi manusia dan kebudayaan (karena banyak ditemukan fosil-fosil hewan bertulang belakang, manusia), serta merupakan zaman dimana berbagai peristiwa alam penting, dinamika iklim, kondisi lingkungan dan geografi dapat diamati dan dipelajari dengan baik dari bukti-bukti fosil makro dan mikro, khususnya yang berkaitan dengan berbagai aspek geologi dan kehidupan yang terjadi selama Zaman Kuarter. Hal ini sangat erat kaitannya dengan penafsiran iklim purba, lingkungan tempat hidup dari fosil mikro dan makro serta manusia purba, palaeoclimate, geoarchaeology, palaeoenvironment, stratigrafi dan penanggalan relatif, palaeogeography, serta berbagai kajian terkait batuan karbonat.

-. Paleontologi Vertebrata, Manusia, Invertebrata; Foraminifera, Nannoplankton, Palinologi, Biostratigrafi; Rekonstruksi Paleoenvironment, Paleoekologi, Paleoklimatologi, Paleogeografi; Geoarkeologi, Paleoanthropologi, Eksplorasi Geologi Ekonomi, Sedimentologi, Geologi dan Geokronologi Kuarter, Konservasi & Preservasi Fosil-fosil di Indonesia.

Laman : https://multisite.itb.ac.id/palgeokuarter/

[tmm name=”kk-paleontologi-dan-geologi-kuarter”]

Hits: 154