Lab. Oseanografi Regional

 

1.  Kepala/Manajer Laboratorium : Dr.Eng. Hamzah Latief, M.Si.

2.  SK Dekan Nomor 187/SK/Ii.C05/KP/2016 tanggal 5 Februari 2016

3.  Deskripsi tentang laboratorium :

Laboratorium Oseanografi Lingkungan merupakan tempat untuk mengkaji bidang ilmu oseanografi yang diarahkan terutama pada masalah dinamika ekosistem lingkungan laut, sungai, estuari dan pantai.

4.  Deskripsi ringkas rencana pengembangan ke depan yang telah ditetapkan sebelumnya :

Tahun 2006: Meningkatkan kualitas dan kuantitas riset yang sedang dilakukan agar lebih memberikan dampak yang positif terhadap proses pendidikan, antara lain jumlah mahasiswa yang terlibat dan fasilitas laboratorium.

5.  Kegiatan yang dilakukan, a.l. :

  • Penyelesaian kegiatan riset RUT XI tahun ke-3.
  • Pelaksanaan riset yang didanai the Asahi Glass Foundation dan Riset Unggulan ITB.
  • Melanjutkan kerjasama penelitian dengan pihak P2MS-ITB dengan melakukan bimbingan bersama melalui dana Hibah Pasca dan Hibah Pekerti.
  • Kerjasama pendidikan dengan pihak Delft Hydraulics (The Netherlands) melalui Transfer of knowledge dalam bidang Tsunami Propagation Model and flood modelling.
  • Kerjasama penelitian dengan pihak Twente University (The Netherlands) dalam bidang Free and Land-bounded Wave Flow and Flood modelling for Flood Risk Assessment.
  • Kerjasama penelitian dengan pihak Utrecht University (The Netherlands) dalam bidang sediment transport di Delta Berau (Kaltim) Tahun 2007: Melanjutkan penelitian yang didanai pada tahun 2007 dan mencari peluang untuk melakukan kerjasama riset dengan pihak Tokyo University of Mercantile Marine (Japan) dalam bidang Internal Waves di Selat Lombok. Tahun 2008: Melanjutkan penelitian yang didanai pada tahun 2008 dan mencari peluang untuk melakukan kerjasama riset dengan pihak Columbia University (USA) dalam mempelajari Dinamika Selat Lombok.
IndonesiaEnglish