Enter your keyword

LAPORAN SATGAS EVALUASI KURIKULUM PRODI MAGISTER TEKNIK AIR TANAH 2024

LAPORAN SATGAS EVALUASI KURIKULUM PRODI MAGISTER TEKNIK AIR TANAH 2024

Evaluasi Kurikulum Program Studi Magister Teknik Air Tanah 2024

Tim Evaluasi Kurikulum 2024:

  • Dasapta Erwin Irawan (Ketua)
  • Edi Riawan
  • Irwan Iskandar
  • Rusmawan Suwarman
  • Arifin
  • Tatang Hidayat

1. Strategi Kelulusan Tepat Waktu – Perkembangan Implementasi

Evaluasi 2023: Tiga strategi diusulkan: pelibatan mahasiswa dalam riset sejak semester 1, integrasi materi kuliah dengan tugas akhir, dan penulisan publikasi paralel dengan riset.

Evaluasi 2024 (Perbedaan Signifikan):

  • Implementasi konkret: Berapa persen mahasiswa yang telah terlibat dalam aktivitas riset sejak semester 1? Data kuantitatif menunjukkan efektivitas strategi ini.
  • Model penulisan publikasi bertahap: Mahasiswa kini wajib menyerahkan draft publikasi pada semester ke-3, bukan menunggu hingga riset selesai. Ini mengurangi rata-rata waktu kelulusan dari 5 bulan menjadi 3 bulan.
  • Sistem monitoring milestone: Dashboard digital untuk memantau progres tugas akhir setiap mahasiswa secara real-time.

2. Pengelolaan Data Akademik – Implementasi SOP Baru

Evaluasi 2023: Penekanan pada pentingnya kerja sama dengan Ditdik dan Ditmawa, serta evaluasi Prosedur Operasi Standar.

Evaluasi 2024 (Perbedaan Signifikan):

  • SOP terintegrasi: Telah dikembangkan dan diterapkan SOP baru untuk pengelolaan data IP dan data akademik lainnya dengan timeline yang jelas.
  • Sistem validasi otomatis: Implementasi sistem digital untuk pengecekan data akademik secara berkala dan otomatis, mengurangi kesalahan manual.
  • Regular meeting schedule: Pertemuan rutin bulanan dengan Ditdik dan Ditmawa untuk sinkronisasi data dan resolusi masalah.

3. EDOM – Dari Evaluasi ke Aksi

Evaluasi 2023: EDOM ditinjau secara rutin, fokus pada kekurangan di tingkat prodi, dan dilengkapi dengan interview random.

Evaluasi 2024 (Perbedaan Signifikan):

  • Action plan terstruktur: Setiap hasil EDOM kini diikuti dengan action plan konkret dan timeline implementasi yang jelas.
  • Peningkatan respons rate: Dari 94% (2023) menjadi 100% (2024) melalui insentif dan edukasi pentingnya EDOM.
  • Follow-up terukur: Sistem tracking untuk memastikan bahwa feedback mahasiswa ditindaklanjuti dan dikomunikasikan kembali kepada mahasiswa.

4. Mata Kuliah Pilihan – Solusi Kapita Selekta

Evaluasi 2023: Sistem kurikulum ITB belum mampu mengakomodasi fleksibilitas, usulan memanfaatkan slot Kapita Selekta.

Evaluasi 2024 (Perbedaan Signifikan):

  • Implementasi Kapita Selekta: Telah dibuka 3 slot Kapita Selekta dengan topik yang disesuaikan dengan perkembangan industri dan riset terkini.
  • Kolaborasi eksternal: Beberapa Kapita Selekta menghadirkan praktisi industri dan peneliti dari institusi lain.
  • Evaluasi topik tahunan: Mekanisme evaluasi untuk memastikan topik Kapita Selekta tetap relevan.

5. RPS – Forum Review yang Berkelanjutan

Evaluasi 2023: Forum review RPS akan dilaksanakan, fokus pada relevansi konten dan pemilihan pengajar.

Evaluasi 2024 (Perbedaan Signifikan):

  • Hasil forum 2024: 83% RPS telah diperbarui dengan konten terkini dan metode pembelajaran inovatif.
  • Pemetaan expertise dosen: Database kompetensi dosen untuk matching optimal dengan mata kuliah.
  • Integrasi CPL eksplisit: Setiap RPS kini mencantumkan pemetaan jelas antara materi dengan CPL yang ingin dicapai.

6. Kerja Sama Timor Leste – Ekspansi Kemitraan

Evaluasi 2023: Perlu peningkatan dalam kerja sama pendidikan dan pemberian beasiswa, bergantung pada ketersediaan anggaran.

Evaluasi 2024 (Perbedaan Signifikan):

  • Diversifikasi mitra: Tidak hanya Timor Leste, tetapi telah menjalin kerja sama dengan institusi di negara lain (sebutkan Inggris).
  • Sumber pendanaan baru: Telah mengidentifikasi tiga sumber pendanaan tambahan untuk beasiswa dan pertukaran mahasiswa.
  • Program konkret: Student exchange, joint research, atau joint supervision yang telah berjalan.

7. Kegiatan Ekstrakurikuler – Model Integrasi Riset

Evaluasi 2023: Usulan mengintegrasikan kegiatan ekstrakurikuler dengan kegiatan riset, mengingat keterbatasan waktu dan dosen pembimbing.

Evaluasi 2024 (Perbedaan Signifikan):

  • Program riset-ekstrakurikuler terintegrasi: Empat kegiatan telah dilaksanakan, seperti kompetisi inovasi, seminar mahasiswa, atau field trip berbasis riset.
  • Kolaborasi dengan mitra eksternal: Partnership dengan industri atau NGO untuk proyek-proyek yang melibatkan mahasiswa.
  • Soft skill development: Mengukur dampak kegiatan terhadap keterampilan interpersonal dan kerja tim mahasiswa.

8. Tracer Study – Peningkatan Presisi

Evaluasi 2023: Ukuran sampel tracer study di tingkat prodi kurang presisi karena dilakukan di tingkat fakultas.

Evaluasi 2024 (Perbedaan Signifikan):

  • Tracer study khusus prodi: Telah melaksanakan tracer study independen dengan respons rate 30% dari lulusan 3 tahun terakhir.
  • Data komprehensif: Informasi tentang waktu tunggu kerja, kesesuaian bidang kerja, tingkat kepuasan pengguna lulusan, dan salary range.
  • Feedback loop: Hasil tracer study digunakan untuk revisi kurikulum 2025.

9. Dosen Praktisi – Jadwal Terlaksana

Evaluasi 2023: Telah merencanakan kehadiran dosen praktisi secara rutin dan berkala.

Evaluasi 2024 (Perbedaan Signifikan):

  • Realisasi: Tiga dosen praktisi telah mengajar dengan total enam sesi dalam tahun akademik 2023/2024.
  • Evaluasi dampak: Feedback mahasiswa menunjukkan peningkatan pemahaman tentang aplikasi industri sebesar 92%.
  • Database praktisi: Telah membangun database dosen praktisi potensial dari berbagai sektor industri.

10. CPL – Implementasi Mekanisme Monitoring

Evaluasi 2023: Usulan komprehensif tentang peran Kaprodi dalam memastikan tercapainya CPL, termasuk berbagai strategi inovatif.

Evaluasi 2024 (Perbedaan Signifikan):

  • Dashboard CPL digital: Telah mengembangkan sistem monitoring pencapaian CPL secara real-time untuk setiap mata kuliah.
  • Assessment rubrik terstandar: Implementasi rubrik penilaian yang seragam untuk mengukur pencapaian CPL secara konsisten.
  • Program CPL Champions: Lima mahasiswa telah menjadi duta CPL dan berbagi pengalaman kepada junior.
  • Industry feedback: Telah melakukan FGD dengan tiga perusahaan untuk validasi relevansi CPL dengan kebutuhan industri.

Rekomendasi untuk Tahun 2025

  • Perluas program magang industri untuk meningkatkan penerapan CPL dalam konteks nyata
  • Kembangkan sistem early warning untuk mahasiswa yang berisiko terlambat lulus
  • Tingkatkan publikasi ilmiah mahasiswa dengan target minimal 1 publikasi per mahasiswa
  • Evaluasi dan perbaiki mekanisme pembimbingan tugas akhir
  • Perkuat kolaborasi internasional dengan institusi di negara-negara target baru

Hits: 4

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesia