Panduan Pembuatan Video Proses Belajar Mengajar (PBM) untuk Sertifikasi Dosen FITB
Panduan Pembuatan Video Proses Belajar Mengajar (PBM) untuk Sertifikasi Dosen
Oleh: Dasapta Erwin Irawan, Pramesti Dwi Kirana, dan Meilia Lufita
Panduan ini diharapkan dapat membantu Anda dalam menyusun dan merekam video PBM yang berkualitas sebagai bukti dukung untuk sertifikasi dosen.
Video PBM ini akan dibagi menjadi beberapa segmen utama untuk memastikan cakupan materi dan interaksi yang komprehensif.
Bagian Pembuka (5 menit)
Bagian ini berfungsi untuk memperkenalkan konteks perkuliahan dan dosen. Urutan poin 1, 2, dan 3 dapat disesuaikan sesuai kebutuhan dan alur yang paling efektif.
- Perkenalan Diri Dosen Pengampu:
- Sebutkan nama lengkap, gelar, dan afiliasi dosen.
- Sampaikan sedikit mengenai latar belakang atau spesialisasi yang relevan dengan mata kuliah.
- Perkenalan Institusi:
- Sebutkan nama program studi, fakultas, dan kampus.
- Jelaskan secara singkat visi misi atau keunggulan institusi/prodi yang relevan dengan mata kuliah.
- Perkenalan Konten Kuliah:
- Sebutkan nama mata kuliah dan topik spesifik yang akan dibahas dalam sesi ini, serta pada semester berapa dari mata kuliah tersebut diberikan.
- Jelaskan tujuan pembelajaran atau capaian pembelajaran yang diharapkan setelah sesi ini.
- Berikan gambaran umum atau peta konsep singkat mengenai materi yang akan disajikan.
Sesi Inti Kelas (20 menit)
Bagian ini merupakan inti dari proses belajar mengajar yang mendemonstrasikan metode pengajaran dan interaksi dengan mahasiswa.
- Perkenalan/Intro Awal Sesi:
- Sambut peserta (jika ada mahasiswa yang terekam).
- Lakukan ice breaking singkat atau review materi sebelumnya (jika relevan).
- Sampaikan agenda spesifik untuk sesi ini.
- Penjelasan Modul/Materi Pembelajaran:
- Sajikan materi pembelajaran secara jelas dan terstruktur, serta relevan dengan capaian pembelajaran.
- Gunakan metode pengajaran yang bervariasi (misalnya: presentasi, diskusi, studi kasus, sisipkan aplikasi, atau demonstrasi bila memungkinkan).
- Pastikan penjelasan dan pengucapan mudah dipahami. Libatkan media pembelajaran yang efektif (slide, papan tulis, alat peraga, simulasi, dll bila ada).
- Sesi Tanya Jawab (Q&A):
- Berikan kesempatan kepada peserta/mahasiswa untuk mengajukan pertanyaan.
- Jawab pertanyaan dengan lugas dan informatif. Fasilitasi diskusi antar peserta jika memungkinkan.
- Pastikan interaksi dua arah terekam dengan jelas.
- Penutup Sesi Inti:
- Lakukan rangkuman singkat materi yang telah dibahas.
- Sampaikan poin-poin penting atau key takeaways.
- Berikan tugas atau materi pendukung untuk dipelajari lebih lanjut (jika ada).
Bagian Penutup Video (5 menit)
Bagian ini berfungsi untuk mengakhiri sesi video.
- Ucapkan terima kasih kepada penonton/peserta.
- Berikan motivasi atau pesan penutup.
- Ulang informasi kontak (opsional) atau di mana materi lebih lanjut dapat diakses. Akhiri video dengan salam penutup.
Catatan Penting dalam Perekaman
- Pastikan kualitas audio dan visual video jelas.
- Gunakan pencahayaan yang memadai.
- Pilih latar belakang yang rapi.
- Rekam interaksi dosen dengan mahasiswa (jika ada) untuk menunjukkan suasana kelas yang aktif.
- Pertimbangkan penggunaan caption atau teks jika diperlukan untuk kejelasan.
Contoh video
Hits: 1
No Comments