Enter your keyword

Prestasi Program Studi Teknik Geodesi dan Geomatika

Prestasi Program Studi Teknik Geodesi dan Geomatika

Tim dari Program Studi Teknik Geodesi dan Geomatika Institut Teknologi Bandung berhasil memperoleh juara 1 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN LOGIN) dengan tema “Perencanaan Tata Ruang Berkelanjutan demi Menyongsong Indonesia Emas 2045” yang diadakan oleh KMTG Universitas Gajah Mada pada tanggal 21 Februari 2021.
Anggota tim :
Lukman Fadlansyah R
Teresa Amalia P
Pembimbing: Riantini Virtriana

Judul Karya Tulis: Pemanfaatan Urban Spatial Database pada Aplikasi IEU-Pusling (Immediate Examination Unit-Puskesmas Keliling) berbasis IOT untuk Mewujudkan Smart-Healthcare (Studi Kasus Kelurahan Sadang Serang dan Lebak Gede)
Karya tulis ini mulanya dikembangkan karena adanya permasalahan tentang cakupan pelayanan kesehatan di Kota Bandung yang masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah karena persebaran Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang kurang strategis. Beberapa Puskesmas sangat ramai dengan pengunjung, sementara Puskesmas lainnya sangat sepi. Bagaimana jika bukan warga yang mendatangi Puskesmas, tetapi Puskesmas-lah yang mendatangi warga? Karya tulis ini membahas sistem bernama IEU-Pusling yang mencakup sebuah aplikasi yang dapat memonitor tingkat kesehatan warga. Data dari aplikasi ini kemudian akan digunakan untuk menempatkan Puskesmas Keliling (Pusling) agar sesuai dengan lokasi warga yang memiliki risiko kesehatan paling tinggi. Dengan begitu, cakupan pelayanan kesehatan warga dapat meningkat, dan pemerintah dapat memonitor kesehatan warganya