Misi

 

Memandu, mengkaji, mengembangkan dan mengimplementasikan sains-teknologi kebumian yang tepat guna sesuai dengan kebutuhan Indonesia.

  • Memabangun jejaringkerjasam internasional dengan perguruan tinggi terbaik, pusat penelitian terkenal dan lembaga strategis lainnya di dalam dan luar negeri untuk mengembangkan kerjasama dalam bidang sains dan teknologi kebumian yang berkelanjutan.

Perspektif Ilmu dan Teknologi Kebumian Menurut FITB

Ilmu kebumian atau kerap disebut sebagai earth science atau geoscience bersama ilmu dasar lainnya, seperti matematika, fisika, kimia, dan biologi sudah selayaknya menjadi bagian dari strategi nasional untuk meningkatkan “melek sains” (science literacy) (AGU, 2004).
Selaras dengan itu, FITB memiliki sumberdaya manusia yang lengkap untuk menelaah fenomena kebumian yang terdiri dari dari litosfer, hidrosfer, dan atmosfer. Pembagian peran yang baik ini membuat FITB perlu mempromosikan ilmu kebumian secara utuh. Dengan bergabungnya prodi Teknik Geodesi dan Geomatika yang membawa ciri teknologi penentuan posisi (positioning) dan pengukuran muka bumi (measurement of earth landscape) akan menambah kekuatan FITB sebagai satu-satunya fakultas yang mempelajari kebumian dari sisi ilmu dan teknologi.

IndonesiaEnglish