KK. Oseanografi

 

Akar keilmuan/platform Keahlian

Oseanografi berasal dari kata oceanography yang tersusun dari kata oceanos (berarti laut) dan graphos (berarti gambaran). Kedua kata penyusun dalam bahasa Yunani tersebut memiliki arti harfiah yaitu gambaran tentang laut. Secara lebih detail, Oseanografi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari proses-proses fisis, dinamis dan kimiawi yang terjadi di laut. Kajian di dalam Oseanografi juga sangat terkait dan tak terpisahkan dengan kajian kebumian lainnya, seperti kajian tentang litosfer (bumi padat), atmosfer (udara), kriosfer (lapisan es), dan biosfer (aktifitas kehidupan).

Bidang-bidang kajian yang dikembangkan di dalam KK-Oseanografi meliputi Oseanografi Pantai (mencakup kajian dan pemodelan tentang proses-proses fisis, dinamis dan kimiawi di pantai termasuk estuaria, seperti sedimentasi dan erosi pantai, pejalaran dan interaksi gelombang di pantai, pasang surut dan aspek enjineringnya, intrusi air laut, intraksi darat-laut dan potensi energi laut), Oseanografi Regional dan Global (mencakup kajian dan pemodelan tentang proses-proses fisis, dinamis dan kimiawi di laut dalam skala regional dan global, seperti kajian tentang interaksi laut udara, tsunami dan kajian tentang arus lintas Indonesia), Oseanografi Lingkungan (mencakup kajian oseanografi yang dikaitkan dengan aspek dampak lingkungan, seperti kajian dan pemodelan tentang penyebaran tumpahan minyak atau polutan lainnya di laut, oseanografi perikanan dan kajian tentang dampak proses fisis, dinamis dan kimiawi di laut terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat seperti ekonomi, manajemen wilayah pantai dan mitigasi bencana pantai), Oseanografi Pemodelan (mencakup pengembangan model-model numerik untuk mempelajari dinamika laut, proses-proses pantai, dan kajian masalah lingkungan laut).

Platform KK-Oseanografi: pengembangan aspek teoritik dan terapan oseanografi yang mengeksplorasi Kekhasan Laut Nusantara (KLN). Oseanografi memiliki akar-akar ilmu Fisika, dan Matematika serta ditunjang oleh IPTEK terkait dalam bidang Geosains mencakup Geologi, Geofisika dan Sains Atmosfer, bidang Astronomi, Kimia, Elektronika, dan Manajemen.

Anggota KK :

  1. Dr.rer.nat. Dadang K. Mihardja (Ketua)
  2. Drs. Saut M. Lubis, M.Sc.
  3. Ayi Tarya, S.Si., M.Si.
  4. Dr.Eng. Hamzah Latief, M.Si.
  5. Dr.Eng. Nining Sari Ningsih, M.Si.
  6. Ivonne M. Radjawane, M.Si., Ph.D.
  7. Dr. Eng. Totok Suprijo, M. Si.
  8. Dr.rer.nat. Mutiara R. Putri, S.Si., M.Si.
  9. Dr. Susanna, S.Si, M.T.
  10. Muchamad Al Azhar, S.Si., M.Si.

Homepage http://www.fitb.itb.ac.id/kk-oseanografi

IndonesiaEnglish