4 Akademisi FITB Menerima Penghargaan Dies Natalis ITB ke-58

( dari sebelah kiri Dr. Aswan, ST, MT , Dr.Ir. Andri Slamet Subandrio, Ir. Benyamin Sapiee, PH.D.(dekan FITB), Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA (rektor ITB), Drs. Zadrach Ledoufij Dupe, M.Si , Dr.Ir. Dina Anggreni Sarsito, MT )

 

Empat kategori bidang yang berhasil diraih oleh Fakultas Ilmu Teknologi Kebumian FITB yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Bandung ITB dalam acara Dies Natalis ke-58 Institut Teknologi Bandung ITB pada hari Kamis 2 Maret 2017 bertempat di Aula Barat ITB. Ke empat kategori bidang tersebut yaitu Bidang Pengajaran, Bidang Penelitian, Bidang Karya Inovasi dan Bidang Pengembangan Institusi.

Adapun para dosen penerima penghargaan dari setiap bidang tersebut :

  1. Kategori Bidang Pengajaran : Drs. Zadrach Ledoufij Dupe, M.Si.
    Yang bersangkutan direkomendasikan berdasarkan hasil questioner mahasiswa, kelengkapan fortofolio & DNA tepat waktu dan materi ajar serta berdasarkan Formulir Evaluasi Dosen (FED) oleh Dekan, selain itu yang bersangkutan aktif deputy leader pada acara Internasional Earth Science Olympiad (IESO) pada tanggal 21-29 September 2014 di Santander, Spanyol dan mendampingi tim Indonesia dalam rangka mengikuti International Earth Sciences Olympiad 11-19 September 2013 di Mysoree, India dan jabatan lain di ITB.
  2. Kategori Bidang Penelitian : Dr. Aswan, ST, MT
    Yang bersangkutan aktif dalam penulisan karya ilmiah. Karya ilmiah yang telah dipublikasikan ada 16 karya ilmiah termasuk Jurnal Internasional, Jurnal Nasional, Buletin, yang bersangkutan sering diundang sebagai narasumber Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Musium Geologi Bandung dalam Penelitian Paleotsunami, yang bersangkutan juga aktif dalam Bidang Pengabdian kepada Masyarakat yaitu : Aplikasi keilmuan paleontologi fosil jejak dalam bidang energi di Perusahaan Gas dan Minyak Bumi INPEX, aplikasi keilmuan paleontologi untuk penentuan umur (berdasarkan data dari berbagai jenis mikro fosil) dalam bidang energi di Perusahaan Gas dan Minyak Bumi PERTAMINA, Bumi BP (British Petroleum), TALISMAN (Studi Biostratigrafi Sumur NASD-1, Cekungan Sumatera Selatan).
  3. Kategori Inovasi : Dr.Ir. Andri Slamet Subandrio
    yang bersangkutan diusulkan karena berhasil mengembangkan karya karya inovatif sebagai berikut :

    • Peningkatan Daya Guna Mikroskop Tua Menggunakan Sistim Kamera Digital (Digital Enhanced System Camera of Old Microscope – DESCOM)
    • Pengembangan dan pembangunan Kincir Angin Sumbu Tegak Untuk penghasil tenaga listrik dan Pemompa Air Tanah
    • Jam Dinding dan Tangan Polarisasi (jam ini berjarum detik berupa piringan yang terdiri dari sayatan tipis batuan yang terdapat di antara dua keping filter poralisasi yang saling tegak lurus)
    • Pompa Magnet Separator UNtuk Mengambil contoh pasir besi dan Uji Kemagnetan Batuan
  4. Kategori Pengembangan Institusi : Dr.Ir. Dina Anggreni Sarsito, MT
    Yang bersangkutan diusulkan mengingat jasa dalam pengembangan institusi dalam hal kerjasama dengan BIG, EDSM, pengembangan kerjasama RIset dan Pendidikan dengan Institusi dalam dan Luar Negeri serta menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Sumberdaya ITB sejak 2011 sampai dengan sekarang.

Berita Terkait

IndonesiaEnglish