Selamat, Prof. Dr. Ir. Hasanuddin Z. Abidin, M.Sc. dilantik sebagai Kepala BIG

hzalantik1

fitb.itb.ac.id; Jakarta, Senin (5/12/2016) sekitar pukul 11.15 WIB atau molor satu jam lebih dari agenda yang dijadwalkan pukul 10.00 WIB. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas RI, Prof. Dr. Bambang P.S. Brodjonegoro, melantik Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG), Prof. Dr. Ir. Hasanuddin Z. Abidin, M.Sc. Dekan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian – FITB ITB Periode 2015 hingga saat sebelum dilantik. Pak. Hasan (baca:panggilan) menggantikan posisi Bpk. Priyadi Kardono yang sudah habis masa jabatannya.

Dikutip dari laman http://m.liputan6.com, Pelantikan berlangsung di kantor pusat Bappenas, pada pidato sambutannya Menteri PPN/Kepala Bappenas RI mengatakan, Pak. Hasan dipilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah melalui proses seleksi cukup panjang. Seleksi tersebut dilakukan untuk mendapatkan pemimpin Geospasial dalam rangka mewujudkan kebijakan satu peta (one map policy).

“Kepala BIG dipilih setelah melalui proses seleksi cukup panjang, kemudian sampai ke Tim Penilai Akhir (TPA) oleh Presiden. Semoga Kepala BIG yang baru bisa mengembang amanah dan kepercayaan dengan baik, serta terus memperkenalkan BIG, masyarakat umum, dan pengguna produk-produk yang dihasilkan BIG,” ujar Bambang.

Bambang menambahkan, dengan arahan langsung dari Presiden mengenai kebijakan satu peta, BIG mempunyai peranan penting. Sementara kementerian/lembaga melaksanakan tugas pemetaan berdasarkan kebutuhan masing-masing.

“Mereka butuh data melalui peta yang akurat, tersinkronisasi, harmonisasi, detail, sehingga mereka bisa lebih mudah melakukan penganggaran dengan baik,” ucap Bambang.hzalantik2

Sebagai contoh, menurut dia, Kementerian Pertanian membutuhkan data berupa peta dalam rangka mencapai target percetakan sawah baru untuk meningkatkan produksi pangan di Tanah Air. Misalnya menambah luas lahan, ‎petugas percetakan sawah, yang membutuhkan peta, sehingga anggaran yang dikucurkan tepat sasaran.

“Pemetaan yang baik akan sangat berguna bagi agenda pembangunan daerah. Jadi banyak sekali yang bisa dihasilkan dari pemetaan, supaya nanti tidak ada kesalahan kebijakan yang semata-mata berasal dari data berbentuk peta,” ujar Bambang.

Dia meminta kepada para pegawai BIG dapat mendukung kepemimpinan Hasanuddin demi sinergi data peta yang akurat dan berkualitas. “Saya tidak mau dengar alasan apa pun, tidak mau kerja sama karena pemimpinnya berasal dari orang luar. Ini adalah lewat proses panjang, tidak asal pilih atau asal tunjuk. Kita dukung penuh,” ucapnya.

hzalantik3Dari internal ITB saat Pelantikan turut diundang Rektor ITB, Bapak. Prof.Dr.Ir. Kadarsah Suryadi, DEA.

Ucapan selamat dan bangga mengalir dari segenap Civitas Akademik khususnya di Lingkungan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian yang kurang lebih 2 tahun beliau Pimpin.

“Selamat menjalankan amanah baru. Semoga Pak Hasan dapat melaksanakan tugas lebih baik di tempat baru. Juga, semoga Allah SWT selalu memberikan kekuatan dan kesehatan kepada Bapak dalam menjalankannya. Aamiin YRA. – Terimakasih atas bimbingan dan pengayomannya selama memimpin kami, khusus keluarga besar FITB-ITB”

NB : Saat berita ini dirilis, Plt. Dekan FITB adalah Bapak Ir. Benyamin Sapiie, Ph.D, Wakil Dekan Bidang Akademik.

Berita Terkait

IndonesiaEnglish