Dies Natalis Ke 5 Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian

Bandung, fitb.itb.ac.id (27/9) Dalam rangka menyambut Dies Natalis ke 5 Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB, menyelenggarakan seminar dan pameran bertajuk energi,perubahan iklim dan mitigasi bencana. Kegiatan yang disponsori oleh PT. Pertamina dihadiriĀ  Kepala BNPB Dr.Syamsul Maarif, M.Si, Kepala PVMBG Dr.Ir. Surono, Direktur Eksplorasi Pertamina, M.Sc, Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi ITB dan Wakil Rektor Bidang Komunikasi, Kemitraan dan Alumni ITB.

Sambutan disampaikan oleh Ketua Panitia Ir. Benyamin Sapiie, Ph.D, Dekan FITB Prof.Dr. Eddy A. Subroto dan Rektor yang diwakili Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Prof.Dr. Wawan Gunawan A. Kadir sekaligus meresmikan acara dengan memukul gong.

Sementara itu Kepala BNPB Dr. Syamsul Maarif sebagai pembicara pertama memaparkan strategi dan kebijakan pemerintah dalam menghadapi potensi bencana yang ada di Indonesia. Selepas menyampaikan pidatonya Dr. Syamsul Maarif mendapatkan kejutan kue ulang tahun karena pada tanggal (29/09) bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-62. Disela-sela acara Prof.Dr. Masyhur Isham selaku kepala pusat penelitian mitigasi bencana ITB menyampaikan ucapan selamat diiringi doa kepada Dr.Syamsul Maarif yang kebetulan juga bagian dari tim pusat penelitian mitigasi bencana ITB.

Setelah rehat dari pembicara pertama, peserta menghadiri pameran di Aula Timur ITB. Dalam pameran tersebut FITB menampilkan seluruh program studi dari tingkat sarjana, magister dan doktor beserta dengan laboratorium yang ada didalamnya. Gunting pita dilakukan didepan stand Pertamina yang dihadiri oleh Dekan FITB, Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi, Kepala BNPB, Kepala PVMBG, Direktur Ekspolrasi Pertamina, Perwakilan BIG dan pejabat terkait di lingkungan ITB.

Dimoderatori oleh Dr.Ir. Budi Brahmantyo, pembicara kedua Dr.Ir. Surono selaku Kepala PVMBG memaparkan beberapa fakta menarik terkait letusan gunung merapi yang terjadi beberapa tahun silam, Beliau menegaskan peranan teknologi berperan besar dalam mengurangi dampak resiko dari bencana letusan gunung merapi. Seminar diwarnai oleh beberapa pertanyaan dari peserta seminar maupun dari wartawan yang ikut hadir. Acara ditutup dengan penyerahan cinderamata dari Dekan FITB Prof.Dr. Eddy A. Subroto kepada Kepala PVMBG Dr.Ir. Surono

Foto-foto terkaitĀ  : http://www.fitb.itb.ac.id/galeri/

Berita Terkait

IndonesiaEnglish