1st International Seminar of Environmental Geoscience 2011

Berawal dari penandatangan “Agreement of Academic Exchange” antara Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) ITB dan Faculty of Science, National University Corporation Ehime University pada tanggal 21 July 2009, maka sejak saat itulah telah dicanangkan rencana untuk mengadakan kegiatan simposium atau seminar yang dikelola secara bersamaan antara kedua fakultas tersebut. Seminar ini akhirnya terlaksana pada hari Rabu-Kamis, 5-6 Oktober 2011, dengan nama 1st International Seminar of Environmental Geoscience 2011 atau yang disingkat 1st ISEGA 2011.

Seminar pertama ini ditujukan sebagai sarana saling berbagi pengetahuandan pengalaman di antara peserta seminar serta sebagai sarana merintis kerjasama penelitian yang lebih banyak lagi. Seminar dibuka oleh Rektor ITB, Prof. Ahmaloka, yang didahului oleh laporan dari ketua panitia seminar yaitu Prof. Emmy Suparka. Pada seminar ini terdapat sebanyak 3 pembicara kunci, 16 presentasi oral yang dipilih dari sebanyak 37 abstrak yang diterima panitia, dan beberapa presentasi poster. Tiga pembicara kunci tersebut adalah Prof. Dr. Masayuki Sakakibara (Graduate School of Science and Engineering, Ehime University, Japan), Ir. Hari Widjajanto, Senior Vice President Unit Bisnis Pertambangan Emas (UBPE) Pongkor, dan Dr. Dr. Matthias Dorn, Project Team Leader, Indonesian-German Technical Cooperation: “Mitigation of Georisks” (Georisk Project). Selain dari Jepang, Jerman, dan Indonesia, seminar juga dihadiri peserta dari Vietnam (Vietnam National University, Hanoi University of Science) dan Laos (University of Laos). Seminar ditutup oleh Dekan FITB, Prof. Eddy A. Subroto, yang didahului dengan penyampaian resume hasil-hasil seminar oleh ketua panitia.

Sebagai tindak lanjut seminar ini, telah direncanakan untuk membuat post-conference proceeding yang berisi makalah-makalah lengkap dengan join editor antara para ahli dari FITB ITB dan Faculty of Science, National University Corporation Ehime University. Selain itu, telah direncanakan pula untuk mengadakan 2nd ISEGA 2013 di Vietnam atau di Jepang.

Berita Terkait

IndonesiaEnglish