Semiloka Revitalisasi Tata Kelola Informasi Geospasial Sesuai Amanat Undang-undang No.4 Tahun 2011

Bandung,fitb.itb.ac.id Pada tanggal 28-29 Juli 2011, FITB bekerjasama dengan Ikatan Alumni Geodesi (IA-GD), Asosiasi Perusahaan Survei dan Pemetaan Indonesia (APSPI), Ikatan Surveyor Indonesia (ISI), Bakosurtanal dan Badan Pertanagan Nasional (BPN) telah melaksanakan semiloka berjudul “Revitalisasi Tata Kelola Informasi Geospasial Sesuai Amanat Undang-undang No.4 Tahun 2011” di Aula Timur Institut Teknologi Bandung. Semiloka dibuka oleh Prof. Dr. Hasanudin ZA mewakili rektor.

Semiloka ini merupakan bentuk respon positif dan kontribusi FITB-ITB sebagai bagian dari masyarakat geospasial di Indonesia berkaitan dengan penerbitan undang-undang tersebut. Semiloka diadakan dengan tujuan untuk merumuskan berbagai aspek dan penggunaan data serta informasi dalam industri geospasial nasional terkait dengan operasionalisasi dan implementasi undang-undang informasi geospasial dan menyampaikan rekomendasi kepada pemerintah sebagai penyelenggara mengenai pengaturan, pelaksanaan dan penggunaan informasi geospasial.

Tiga keynote speaker mengisi sesi awal semiloka, yaitu: Ir. Daryatmo Mardiyanto (Anggota Komisi VII DPR RI), Dr. Asep Karsidi (Kepala Bakosurtanal), dan Prof. Dr. Hassanudin ZA (ITB). Acara semiloka kemudian diisi oleh enam panelis pada dua sesi hingga sore hari. Pada hari kedua dilaksanakan perumusan rekomendasi hasil semiloka yang kemudian dihasilkan 7 point rekomendasi untuk disampaikan kepada pemerintah dalam hal ini Bakosurtanal. Ketujuh rekomendasi tersebut dapat diunduh pada link di bawah ini.

Berita Terkait

IndonesiaEnglish