Sosialisasi Geohumanism Mahasiswa Teknik Geologi

Kegiatan GEOHUMANISM merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa Program Sarjana Teknik Geologi, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian, Institut Teknologi Bandung (FITB-ITB). Kegiatan ini telah dilaksanakan sejak tahun 2009. Untuk periode tahun 2010 dan 2011 obyeknya adalah sebuah desa yaitu Desa Gunungmasigit, Kec. Cipatat, Padalarang, Bandung Barat yang memiliki kendala kesulitan mendapatkan air bersih untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Tujuan dari kegiatan ini adalah membantu penduduk setempat untuk menentukan titik lokasi sumur air tanah yang tepat guna memenuhi kebutuhan airnya.


Salah satu faktor penyebab kesulitan ini adalah karakteristik geologi daerahnya yang secara umum terdiri dari litologi batugamping yang kurang baik dalam menyerap dan menyimpan air tanah. Selain sulit, sumber air yang digunakan masyarakat saat ini memiliki kualitas air yang kurang baik untuk dikonsumsi sebagai air minum karena banyak mengandung zat-zat kapur (karbonat). Sebenarnya, pada tahun lalu kegiatan ini telah dilakukan, namun masih banyak data yang harus dicari untuk bisa mengetahui kondisi hidrologi secara lebih detail di daerah sasaran.


Dengan latar belakang tersebut, kegiatan GEOHUMANISM ini melanjutkan program pengabdian masyarakat periode sebelumnya yaitu eksplorasi air tanah di sebuah desa yang krisis air bersih. Namun terdapat beberapa perbedaan diantaranya akibat kondisi air yang kurang baik karena mengandung banyak zat kapur. Untuk mengatasi masalah ini telah berpartisipasi pula Himpunan Mahasiswa Kimia ITB (AMISCA) untuk melakukan pengolahan air menjadi air bersih (water treatment). Output yang diharapkan adalah peta hidrogeologi yang menunjukkan potensi air di daerah tersebut, namun dirancang hingga masyarakat bisa mendapatkan air bersih.


Gambaran secara garis besar dari kegiatan ini berupa pemetaan hidrogeologi untuk mengetahui penyebaran sumber-sumber air yang ada di daerah sasaran. Analisis kimia air untuk mengetahui karakteristik dan kualitas air. Analisis data lapangan untuk menentukan sumber air terbaik. Pembuatan desain detail sumur pengeboran atau kolam penampungan, pompa, pemipaan, dan alat pengolahan air untuk acuan kegiatan selanjutnya. Selain itu akan dilakukan pembuatan sumur pengeboran atau pembuatan kolam penampungan untuk mendapatkan sumber air. Penyediaan instalasi pompa, pemipaan, dan alat pengolahan air bersih serta pelatihan operasi dan pemeliharaan alat. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah menyediakan air bersih untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat Desa Gunungmasigit. Rangkaian kegiatan ini akan dilakukan pada bulan Oktober 2010 sampai bulan September 2011.


Hasil dari kegiatan ini akan segera dilaporkan dan tersedia dalam versi online.   Beberapa foto kegiatan pelatihan yang diberikan oleh D. Erwin Irawan (dosen Teknik Geologi) dan Diky Irawan (Asisten laboratorium dan kandidat doktor).

 Sumber : Wildan Mussofan (12007021) Ketua Koordinator Mahasiswa Teknik Geologi

Berita Terkait

IndonesiaEnglish