Memperingati Hari Bumi 22 April 2010

Bandung, fitb.itb.ac.id (22/10) Dalam rangka memperingati hari bumi yang jatuh pada tanggal 22 April, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian Institut Teknologi Bandung mengadakan serangkaian kegiatan diantaranya adalah lomba menggambar dan mewarnai bumi dengan tema wajah bumi di tahun 2110, penanaman time capsule, penanaman dan pembagian pohon mahoni kepada seluruh peserta dan deklarasi Center of Excellence Kebumian (CEOLTEK).

Ir. Lambok Hutasoit, Ph.D Dekan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian membuka acara yang dilangsungkan di Gedung Campus Centre ITB. Beliau menuturkan bahwa regenerasi sangat penting untuk menggantikan para senior dan sudah saatnya generasi muda lebih peduli untuk menjaga kelestarian bumi. Para peserta yang mengikuti lomba mewarnai adalah siswa tingkat taman kanak-kanak, sedangkan untuk menggambar adalah siswa dari tingkat Sekolah Dasar total peserta mencapai 130 orang. Kegiatan ini melibatkan mahasiswa dari berbagai himpunan mahasiswa yang ada di Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian.

Selain itu juga acara dimeriahkan oleh penampilan dari modern dance Sekolah BPI, pemutaran film mengenai bumi dan penampilan bintang tamu Andi Yudha dari pica picu kreativitas. Momen peringatan hari bumi ini juga diperingati dengan penanaman time capsule yang berisi pesan, harapan dan cita-cita dari peserta yang ditulis kemudian dimasukan dalam capsule, rencanya time capsule ini akan dibuka kembali pada tahun 2020. Dalam rangka melestarikan bumi panitia bekerjasama dengan PT. Perhutani Unit III Jawa Barat membagikan pohon mahoni kepada para peserta dan secara simbolis dilakukan penanaman pohon dibelakang campus centre berdekatan dengan time capsule.

Sementara di tempat yang berbeda dilakukan Deklarasi Center of Excellence Kebumian (CEOLTEK) yang melibatkan kepala sekolah sebandung raya. Kegiatan ini diinisiasi oleh Dr. Ketut Wikantika (Anggota KK Inderaja dan Sains Informasi Geografis) dan beberapa staf dosen lainnya. Deklarasi ini diselenggarakan untuk menjalin kerjasama dengan sekolah-sekolah yang ada sebandung raya dalam rangka persiapan olimpiade kebumian.

Terjadinya bencana banjir, gempa, tsunami, pemanasan global dan fenomena bumi lainnya semoga menyadarkan kita semua untuk segera menyelamatkan bumi kita mulai dari diri sendiri dan lingkungan terdekat kita dari aktivitas manusia yang dapat merusaknya.

Foto Kegiatan (http://www.fitb.itb.ac.id/galeri)  Streaming (http://www.fitb.itb.ac.id/streaming)

Berita Terkait

IndonesiaEnglish