One Day Training (Empowering Your Mind and Team)

Bandung, fitb.itb.ac.id. (23/01) Dalam rangka membentuk SDM yang unggul dan berkualitas Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) mengadakan kegiatan one day training “Empowering your mind and Team bekerjasama dengan Transformer (Konsultan dan Trainer SDM). Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Seminar Prof. Soesilo Prawirowardoyo (Prodi ME/OS)¬† pada hari Sabtu, 23 Januari 2010 diikuti oleh Pegawai Non Akademik (PNA) di lingkungan FITB.

Wakil Dekan Bidang Sumberdaya ITB Dr.Ir. Rubiyanto Kapid mewakili dekanat membuka acara sekaligus memberi sambutan, Beliau menyampaikan tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya dalam mewujudkan visi FITB yang disingkat STSB “Sejahtera, Tenang, Sehat dan Bahagia“. Sekitar pkl 09.00 WIB para trainer yang terdiri dari Dra.Psi. Linda Saptadji, Dr.Ir. Nenny Saptadji, Ir. Ine Saptadji dan Roestartika, S.Si memandu acara yang dimulai dengan presentasi dan permainan-permainan sederhana untuk melatih keseimbangan antar otak kanan dan otak kiri.

Sebagai konsultan yang sudah malang melintang Dra.PSi. Linda Saptadji mampu menggiring para peserta hanyut dalam suasana kebersamaan diantara para peserta. Training tersebut menciptakan kekuatan pikiran untuk membangun paradigma berpikir dari berbagai sudut pandang dan menciptakan harmonisasi dimulai dari diri sendiri, keluarga, pekerjaan bahkan bangsa dan negara. Pegawai Non Akademik (PNA) walaupun hanya berfungsi sebagai pendukung tapi perannya sangat dibutuhkan untuk menunjang kegiatan akademik, sehingga training ini bermanfaat untuk bisa menjadikan seluruh PNA di FITB memberikan layanan dan dukungan yang prima. Sebagai salah seorang peserta Dadang Muchtar mengatakan “Beda euy pelatihan ieu mah sugan teh kitu-kitu keneh (beda ternyata pelatihan ini dikiranya sama dengan pelatihan-pelatihan lainnya yang selalu membosankan – red )”. Itulah salah satu ungkapan yang menggambarkan kepuasan dari salah seorang peserta atas training tersebut. Melengkapi training tersebut Dr.Ir. Nenny Saptadji memandu para peserta untuk mengisi form pengenalan diri sendiri yang harus diisi oleh para peserta sebanyak 40 point yang hasilnya untuk mengetahui karakter manusia dari 4 (empat) hal yaitu Dominan (Tipe Kepemimpinan), Compliance (Analisis), Influent (Ketenaran) dan Steady (Keramah tamahan). Dari nilai-nilai tersebut diharapkan para peserta¬† mampu mengenali dirinya sendiri dan teman-teman dilingkungan kerjanya untuk mengenal satu sama lain agar bisa saling mendukung dan bekerjasama sehingga tercapai tujuan melalui rumusan (OAR) Ownership (ambil resiko), Accountapable (mendelagasikan kepecayaan), dan Reponsibility (tanggung jawab).

Mengakhiri kegiatan tersebut diserahkan sertifikat kepada seluruh peserta sebagai bukti telah mengikuti kegiatan one day training “Empowering Your Mind and Team, acara pun berakhir sekitar pukul 17.00 WIB dan peserta pun pulang ke rumah masing-masing dengan semangat dan gairah baru dari hasil training yang telah didapatkan.

Berita Terkait

IndonesiaEnglish