Pengenalan Program Studi di Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian

Bandung, fitb.itb.ac.id (12/12) Bertempat di Gedung LFM ITB, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) melaksanakan kegiatan pengenalan program studi bagi mahasiswa program Tahap Persiapan Bersama (TPB) angkatan tahun 2009/2010. Tema kegiatan pengenalan program studi tersebut adalah tentang energi alternatif dan bagaimana peran para mahasiswa FITB ke depan.

Acara dimulai pada pkl 07.30 WIB dan dibuka langsung oleh Dekan FITB Ir. Lambok Hutasoit, M.Sc, Ph.D sekaligus memberi pengantar tentang energi alternatif. Dalam pemaparannya beliau menegaskan bahwa bangsa Indonesia ke depan harus bisa menggunakan energi alternatif sebagaimana yang telah dirumuskan dalam Keppres tahun 2006 tentang sumber energi nasional.

Dr. Hasan Hambali hadir sebagai tamu dan perwakilan dari Prodi Meteorologi, beliau adalah alumni dari Teknik Elektro ITB dan sekarang adalah sebagai CEO dari salah satu hotel ternama di Bogor. Dalam presentasinya beliau menjelaskan tentang penggunaan energi alternatif menggunakan teknologi kincir angin yang sudah dipraktekannya di Bogor. Dari Teknik Geologi Dr.Ir. Bambang Priadi memaparkan tentang penggunaan energi alternatif menggunakan nuklir dan pemanfaatan enegi panas bumi. Sementara itu Dr. Eka Djunarsah beserta perwakilan mahasiswa dari Teknik Geodesi dan Geomatika menjelaskan tentang Sistem Informasi Geografis minyak jarak http://www.gis-rajadesa.fitb.itb.ac.id yang dapat digunakan sebagai sistem pendukung keputusan dalam menggunakan energi alternatif. Terakhir Dr. Eng. Totok Suprijo mewakili Prodi Oseanografi menjelaskan tentang penggunaan arus laut sebagai solusi energi alternatif masa depan. Sekaligus menampilakan video karya mahasiswa oseanografi yang berhasil menemukan turbin listrik menggunakan energi arus laut.

Acara sesi tanya jawab disambut antusias oleh para mahasiswa yang mengajukan berbagai pertanyaan tentang profil program studi yang akan dipilhnya terkait bidang pekerjaan, penggunaan energi dan dampak lingkungannya, teknologi kincir angin, pemanfaatan energi alternatif lainnya dan lain-lain. Untuk merefleksikan acara, Dr.Ir. Budi Brahmantyo  sebagai moderator mengajak para hadirin untuk menyanyikan lagu nasional dari sabang sampai merauke. Acara pengenalan program studi berakhir pada pkl 11.0 WIB dan dilanjutkan dengan perwalian bagi mahasiswa di ruangan yang telah ditetapkan bersama para wali nya.

Berita Terkait

IndonesiaEnglish