Prodi Teknik Geologi Memenangkan Hibah PHK-I 2009

Berdasarkan surat dari Dirjen Dikti Depdiknas Nomor : 1406/D/T/2009 tanggal 19 Agustus 2009 Proposal Program Hibah Kompentensi Institusi (PHK-I) dengan judul “Penguatan Kompetensi Lulusan Program Studi Teknik Geologi untuk menghadapi era diversifikasi energy” Program Studi Teknik Geologi FITB, setelah lolos evaluasi Proposal lengkap oleh tim evaluator PHK-I Ditjen Dikti Depdiknas akhirnya dapat lolos dan memenangkan hibah PHK-I tahun 2009.

Program Penguatan Kompetensi Lulusan PS GL untuk menghadapi era diversifikasi energi ini dilakukan melalui sejumlah rancangan yang prosesnya diprogramkan untuk 3 (tiga) tahun kerja dengan mekanisme rancangan sebagai berikut:

A. Penguatan kompetensi dasar content kurikulum dan aplikasinya melalui pengayaan multidisiplin terkait dengan kompetensi eksplorasi panas bumi, batubara, dan nuklir.

  1. Meningkatkan dan mensinergikan pemahaman dosen dan mahasiswa terhadap metodologi Field oriented learning (FOL), dan rencana pengembangan yang ada.
  2. Mengembangkan lebih lanjut laboratorium pemodelan proses geologi (analog dan komputasi).
  3. Menambah content energi kebumian dalam implementasi kuliah-kuliah terapan wajib yang berkaitan dengan topik panas bumi, batubara, dan nuklir.
  4. Meningkatkan kesempatan mahasiswa untuk dapat berinteraksi langsung dengan dunia kerja.

B. Pengembangan metoda pembelajaran dengan studi lapangan (Field Oriented Learning) dan pemodelan geologi untuk mendukung lulusan dalam berkiprah secara lebih signifikan pada industri energi.

  1. Mengembangkan materi perkuliahan yang lebih berwawasan lapangan melalui hibah pengajaran berbasis lapangan.
  2. Melakukan pengembangan basis data geologi lapangan di sekitar Bandung/Jawa-Barat dalam suatu Data Base Management System (DBMS).
  3. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menterjemahkan data lapangan ke dalam bentuk digital.

C. Mengintensifkan penyetaraan program Tahap Sarjana-1 PS GL dengan universitas bertaraf internasional.

  1. Pengembangan jejaring kerjasama dengan alumni dan organisasi profesi, serta institusi/perusahaan dalam skala internasional.
  2. Meningkatan dan mengembangkan penguasaan bidang energi kebumian melalui transfer keilmuan dengan komunitas nasional-internasional.
  3. Memperbesar porsi pemakaian bahasa Inggris aktif dalam implementasi materi pembelajaran.
  4. Penajaman kurikulum dan SAP perkuliahan dengan merintis penyetaraan (bench-marking) dengan sistem pengajaran geologi berkualitas di tingkat internasional.
  5. Pembinaan dan pembentukan kesadaran dalam Health, Environment and Safety, serta integritas dan tolerasi.

Atas nama pimpinan dan segenap warga FITB mengucapkan selamat atas prestasi ini

Berita Terkait

IndonesiaEnglish