Purnabakti Prof. Dr. Bajong Tjasjono H K, DEA.

Bandung, fitb.itb.ac.id- Bertempat di Ruang Sidang Prof. Goenarso (Prodi Meteorologi) diadakan acara purnabakti Prof. Dr. Bajong Tjasjono H K, DEA yang memasuki masa pensiun. Acara dimulai sekitar pukul 10.00 WIB, sambutan diisi oleh Dra. Atika Lubis M.Si perwakilan  KK Sains Atmosfer, Dekan FITB yang diwakili Wakil Dekan Bidang Sumberdaya Dr. Ir. Rubiyanto Kapid, alumni dan perwakilan dari BMKG (Badan Meteorologi dan Klimatologi).

Setelah sambutan selesai dilanjutkan dengan Orasi Ilmiah yang disampaikan Prof. Bajong disertai pembagian dua buah buku hasil karya beliau tentang meteorologi dan sains atmosfer. Tema yang disampaikan dalam orasi ilmiah tersebut adalah Pendidikan, Penelitian, dan Pengembangan Sains Atmosfer Indonesia. Dalam orasinya Beliau menekankan perlunya penelitian dan pengembangan sains atmosfer di Indonesia mengingat perubahan iklim yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini. Selain itu juga sangat sedikit sumberdaya di Indonesia yang memiliki keahlian di bidang sains kebumian sehinggga perlu untuk terus dikembangkan.

Prof. Bajong merupakan salah seorang tokoh bidang meteorologi dan sains atmosfer di Indonesia yang cukup disegani hal itu diakui oleh LAPAN, BPPT, BMKG, Perguruan Tinggi baik dalam maupun Luar Negeri dan lain-lain. Selain itu juga beliau adalah salah satu pendiri dari pengembangan pertama bidang Meteorologi di Indonesia dimulai sejak tahun 60-an sampai sekarang banyak karya ilmiah yang telah dipublikasikan baik nasional maupun internasional. Sosoknya yang sederhana dan pembawaannya yang berwibawa patut kita contoh. Pengabdian selama kurang lebih 36 tahun di ITB telah menghasilkan sarjana di bidang meteorologi, magister dan doktor di bidang sains kebumian yang berperan aktif di instansi-instansi pemerintah maupun swasta.

Acara dilanjutkan dengan talkshow diisi pertanyaan dari para hadirin mulai dari Wakil Dekan, Dosen, Peneliti, dan Mahasiswa berbagai pertanyaan disampaikan mulai dari kiat-kita  membuat karya ilmiah, penelitian, perkembangan cuaca di Indonesia dan kesan-kesan dari mahasiswa. Acara pokok diakhiri dengan pemutaran visual tentang sosok Prof Bajong dan pemberian cinderamata dari Prodi Meteorologi, LAPAN dan Mahasiswa.

Selamat dan terima kasih semoga diberi kesehatan baik jasmani maupun rohani untuk terus memberikan karya-karya  terbaik bagi bangsa Indonesia dan semoga Allah SWT membalas segala pengabdian dan kebaikan Bapak. Amiin !

Berita Terkait

IndonesiaEnglish