Fosil Hewan Berusia 700 Ribu Tahun Ditemukan di Sragen

Fosil kepala hewan dari keluarga Bovidae ditemukan di belakang rumah seorang warga, saat menggali lubang untuk tempat pembuangan kotoran (septic tank) di Dusun Padas, Desa Ngebung, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen. Bovidae meliputi hewan berkaki empat seperti sapi, kerbau, banteng, dan lainnya.

Fosil hewan yang diperkirakan kerbau itu ditemukan di kedalaman dua meter oleh seorang pekerja, Supratikto (40), saat menggali tanah. Oleh pemilik rumah, Sukamdi (45), temuan ini dilaporkan ke Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran.

Meski ukuran fosil belum bisa ditentukan karena kendala kerasnya lapisan tanah yang memperlama proses penggalian, menurut konservator dari Laboratorium Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran (BPSMS), Gunawan, fosil diperkirakan berasal dari masa Plistosen Tengah atau 700.000-125.000 tahun yang lalu.

Pada saat hampir bersamaan, BPSMS juga melakukan pemindahan 3.000 koleksi fosil dari Museum Miri ke Museum Situs Manusia Purba Sangiran. Koleksi ini, menurut arkeolog dari BPSMS Anjarwati Sri Sayekti, berasal dari penggalian tahun 1989-1998 dan terdiri dari, antara lain fosil Cervidae (keluarga rusa), Bovidae, dan bola batu. Museum Miri yang berlokasi di kompleks Sekolah Dasar Girimargo I terletak 15 kilometer dari Museum Sangiran.

sumber (http://www.kompas.com)

Berita Terkait

IndonesiaEnglish