Launching Kuliah Selam Program Studi Oseanografi

Selam merupakan salah satu olahraga air yang banyak menarik perhatian dunia. Tidak hanya karena manfaatnya tetapi juga kepuasan yang didapatkan dari olahraga ini. Kata selam yang artinya bertahan di dalam air ini merupakan olahraga rekreasi, penelitian, pertandingan serta pendidikan. Oseanografi sebagai ilmu gambaran laut tidak cukup hanya menunjukkan dan mengetahui teori atau gambaran fisik laut saja tetapi diperlukan praktek atau tambahan ilmu untuk mengaplikasikan ilmu serta pengetahuan yang sudah diberikan di dalam kelas.

Untuk mengetahui dan mengekploitasi potensi-potensi kekayaan alam di bawah laut ini maka diperlukan suatu keahlian penyelaman profesional.

Hal itulah yang mendorong mata kuliah Selam dan Navigasi Laut menjadi mata kuliah wajib di Program Studi Oseanografi ITB. Dengan adanya mata kuliah ini akan melengkapi keasyikan belajar di Oseanografi sehingga dapat memfasilitasi dan menghasilkan lulusan yang berkompeten di bidang kelautan, seiring dengan tuntutan tantangan global mahasiswa Oseanografi akan memiliki kemampuan menyelam yang dapat digunakan di masa yang akan datang, tidak hanya untuk kebugaran dan keterampilan tetapi juga untuk bekal bekerja.

Kuliah Perdana mata kuliah tersebut dengan kode matakuliah OS3057 dilaksanakan pada hari Selasa, 19 Agustus 2008 jam 11.00 s/d 12.30 bertempat di Ruang Seminar (Prof. Goenarso) Gedung Labtek XI Lt.2 eks. Departemen GM-ITB. Kuliah perdana ini dihadiri oleh Pimpinan FITB, beberapa Dekan di Lingkungan ITB, Para Ketua KK dan Program Studi di Lingkungan FITB, serta staf pengajar di lingkungan Prodi Oseanografi.

Mata kuliah selam ini terbuka untuk mahasiswa tingkat 3 semester genap maupun ganjil dengan bobot mata kuliah 2 sks yang meliputi19 kali pertemuan, yaitu 8 kali pertemuan khusus teori di kelas dan 5 kali praktikum di kolam renang serta 2 kali praktikum di laut.

Pengajar mata kuliah ini adalah orang-orang yang berkompeten di bidang terkait, yaitu :

  • Prof. Wiranto Arismunandar
  • Prof. Safwan Hadi
  • Jimmy Godjali
  • Dr.Ir. Krisna S. Pribadi
  • Dr.Ir. Tresna Dermawan Kunaefi
  • Dr.Ir. Boedi Darma Sidi

Berita Terkait

IndonesiaEnglish