Kerja Praktek Mahasiswa Prodi Oseanografi FITB

Kerja praktek (KP) mahasiswa Program Studi (Prodi) Oseanografi FITB ITB di PT Patra Dinamika (Pertamina Group) telah dilaksanakan pada 9-16 Juni 2008. KP ini dilaksanakan sebagai realisasi MoU antara PT Patra Dinamika dan F ITB ITB yang ditanda tangani oleh Dekan F ITB Ir. Lambok M. Hutasoit PhD dan Direktur PADI Achmad Djaelani SH.

Dalam KP tersebut dua mahasiswa S1 dan S2 Prodi Oseanografi bersama tim survey melakukan survey kabel bawah laut di daerah WKP Perusahaan Migas CNOOC SES.Dalam KP tersebut diperkenalkan bagaimana seorang ahli teknik oseanogafi bekerja di offshore atau lepas pantai diantaranya harus menguasai cara kerja alat, keadaan lapangan lepas pantai yang menjadi obyek pengukuran, kapal dan crew kapal, bahan bakar minyak, air bersih serta tenaga kerja lainnya seperti teknisi, juru masak dan tenaga serba guna.

Hal ini berkaitan dengan manajemen survey oseanografi. Tanpa pengetahuan ini maka akan timbul kerugian dan kecelakaan kerja. Dalam KP ini digunakan Kapal Survey Geomarin 1 milik Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (PPPGL) dan peralatan yang digunakan dalam survey kabel bawah laut ini adalah side scan sonar (SSS) Klein 3000 dan Remotely Operated Vehicle (ROV) Sea Eye Falcon 1255 serta peralatan navigasi lainnya.

Diharapkan kedepan, di bidang studi ini akan diajarkan manajemen survey dan juga bagaimana memasuki bidang kerja keteknikan oseanografi yang begitu luas terutama dibidang industri minyak dan gas. KP ini diikuti oleh Hilman dan Dominic dari Prodi Oseanografi FITB ITB.

Berita Terkait

IndonesiaEnglish