Orasi Ilmiah Prof. Hasanuddin Z. Abidin

Bertempat di Gedung Balai Pertemuan Ilmiah ITB Jl. Surapati Bandung pada hari Sabtu, 9 Februari 2007, Profesor Hasanuddin Z. Abidin dari Kelompok Keahlian Geodesi FITB, menyampaikan Orasi Ilmiah dengan Judul “Peranan Geodesi Satelit Dalam Memahami Dinamika Bumi di Wilayah Indonesia” dihadapan Anggota Majelis Guru Besar ITB dan para staff pengajar ITB.

Sinopsis Materi Pidato Ilmiah adalah sebagai berikut :

Menurut IAG (International Association of Geodesy) Geodesi adalah disiplin ilmu yang mempelajari tentang pengukuran dan perepresentasian dari Bumi dan benda-benda langit lainnya, termasuk medan gaya beratnya masing-masing, dalam ruang tiga dimensi yang berubah dengan waktu. Sedangkan Geodesi Satelit adalah sub-bidang ilmu Geodesi yang menggunakan bantuan satelit (alam ataupun buatan manusia) untuk menyelesaikan tugas dan permasalahan geodesi, yang secara mendasar terkait dengan penentuan posisi, penentuan medan gaya berat, serta penentuan variasi temporal dari posisi dan medan gaya berat.

Pada saat ini aplikasi sistem-sistem Geodesi Satelit, seperti SLR (Satellite Laser Ranging), LLR (Lunar Laser Ranging), VLBI (Very Long Baseline Interferometry), Satelit Altimetri, Satelit Navigasi (e.g. GPS dan Glonass) sangat luas dan beragam, mulai dari bidang geodesi, survei dan pemetaan, navigasi, kelautan, kebumian maupun kedirgantaraan.

Dalam orasi ini, penulis secara umum akan terlebih dahulu menjelaskan peranan yang dapat diberikan metode-metode geodesi satelit dalam memahami dinamika Bumi di wilayah Indonesia, yang secara geografis, geologis maupun geofisis mempunya dinamika yang relatif cukup tinggi. Selanjutnya pembahasan akan dikonsentrasikan pada pemanfaatan dari metode Satelit Navigasi, dalam hal ini GPS (Global Positioning System), yang telah dilakukan untuk lebih memahami dinamika Bumi di wilayah Indonesia.

Hasil-hasil penelitian yang terkait dengan studi deformasi gunung api, penurunan tanah (land subsidence), pergerakan tanah (landslides), serta aktivitas tektonik pada beberapa lokasi di wilayah Indonesia akan diberikan dan dijelaskan.

Orasi ditutp dengan beberapa saran dan rekomendasi untuk mengoptimalkan peranan geodesi satelit dalam proses pembangunan di Indonesia secara umum dan meningkatkan pemahaman dinamika Bumi wilayah Indonesia secara khusus.

Naskah orasi ilmiah bisa didapat di : http://geodesy.gd.itb.ac.id/hzabidin/?p=149

Berita Terkait

IndonesiaEnglish