Implementasi Kegiatan PHK A3 Prodi Oseanografi

Dalam rangka Implementasi Kegiatan Pogram Hibah Kompetisi (PHK) A3, Program Studi Oseanografi Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) baru ini menyelenggarakan serangkaian kegiatan untuk meningkatkan softkill mahasiswa.

Kegiatan-kegiatan tersebut adalah :

Pelatihan Penyusunan makalah dan teknik presentasi dalam Bahasa Inggris yang berlangsung dari tanggal 9-10 November 2007 yang lalu. Kegiatan dalam bahasa Inggris ini meliputi dua materi utama, yaitu: Penyusunan makalah yang terdiri dari apa apa untungnya menulis, pengalaman dalam menulis, hal-hal yang fundamental dan beberapa tips teknik menulis, dan lain-lain. Materi ini disampaikan oleh Prof. Dr. S. Widiyantoro (KK Geofisika, FTTM, ITB), serta Teknik Presentasi yang terdiri dari teknis dan perencanaan dalam presentasi. Materi ini disampaikan oleh A. Gumawang Jati, M.Sc (Pusat Bahasa, ITB).

Pelatihan penggunaan Software Pengolahan Data Oseanografi yangbertujuan memberikan wawasan dan pengenalan data-data Oseanografi, pengenalan data-data Oseanografi yang online dan free download di internet, pengolahan data angin, pasang surut, temperatur dan salinitas dengan menggunakan software yang tersedia. Di akhir pelatihan juga diberikan contoh-contoh dan studi kasus yang dapat dianalisis dari data yang diolah sebelumnya.

Pelatihan ini telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 November 2007 mulai pukul 9.00 – 17.00 WIB, dengan peserta 20 orang mahasiswa Prodi Oseanografi. Namun karena banyaknya peminat, maka pelatihan ini dihadiri lebih banyak mahasiswa.

Pengajar terdiri dari Dr. Agus Setiawan (BPPT), Dr. Fitri Riandini (Pusair), dan Imma Fitria Maharani, S.Si dengan materi antara lain:

  • Pengenalan Data Oseanografi
  • Cara membaca file dalam format NETCDF dan Pengolahan data angin dari National Central Environment Prediction (NCEP)
  • Cara menggunakan perangkat lunak OSU Tidal Prediction Software
  • Penggunaan Software Ocean Data View (ODV)
  • Contoh studi kasus di selatan Jawa.

 

Seminar in House “Pengembangan, Penataan, dan Pemanfaatan Kawasan Pesisir dan Laut Papua Barat dengan memperhatikan Aspek Oseanografi”

Seminar in House di Manokwari ini telah dilaksanakan pada :

Hari/Tgl : Selasa, 13 November 2007

Waktu : 09.00 – 13.00 WIT

Tempat : Ruang Rapat Kantor Gubernur Papua Barat, Jl. Siliwangi no. 1 Manokwari, Papua Barat.

dengan tujuan mempromosikan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Prodi Oseanografi, menjalin kerja sama antara Bapedalda Provinsi Papua Barat, Universitas Papua, dan Oseanografi ITB Bandung. Seminar ini dihadiri oleh pejabat terkait di lingkungan pemerintah daerah (pemda) Provinsi dan Kabupaten, beberapa orang dari perwakilan Universitas Papua, PPLH, Departemen Kelautan dan Perikanan, Departemen Perhubungan, dan Polres setempat.

Berita Terkait

IndonesiaEnglish